1234567890123456789012345678901234

1234567890123456789012345678901234

 

     TENTANG KAMI   |   SEJARAH   |   KERANGKA STRATEGIS   |   PENGURUS   |   HUBUNGI KAMI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 English  |  Bahasa Indonesia  

 

 

 

 

 

Lembaga Santunan Masyarakat
(Community Help Institute)

 


Kantor pusat:
Perumahan Griya Dramaga Asri Blok H2 No. 19
Cibanteng, Ciampea, Bogor, Provinsi Jawa Barat
Ponsel +62895355210113
Email: hikmaula@lsm.or.id
Website: www.lsm.or.id


 

 

 

 

 

KERANGKA STRATEGIS

 

Berdasarkan analisis terhadap semua masalah tersebut di atas, para pendiri LSM pun merumuskan kerangka kerja strategis LSM sebagai berikut ini untuk menanggulanginya:

VISI:
Sebuah kehidupan berkelanjutan dimana hak-hak ekonomi kaum perempuan dihormati, dipenuhi, dan dilindungi.

NILAI-NILAI:
Dalam upaya mencapai visinya, LSM berkomitmen penuh terhadap tiga nilai sebagai berikut:

1. Kerjasama strategis dengan masyarakat sipil, dunia usaha, dan pemerintah adalah kunci pokok untuk menghapus semua jenis kemiskinan, utamanya kemiskinan struktural, yang menimpa kaum perempuan.

2. Masyarakat adat dan kearifan budaya lokalnya merupakan wahana yang sangat strategis untuk mengentaskan kemiskinan kultural yang menimpa kaum perempuan.

3. Konservasi keanekaragaman hayati adalah roh dari upaya pengentasan kemiskinan natural serta jenis-jenis kemiskinan lainnya yang menimpa kaum perempuan.

MISI:
Kami adalah ornop perempuan di Indonesia yang berjuang memenuhi hak-hak ekonomi kaum perempuan yang terpinggirkan dengan membebaskan mereka dari kemiskinan struktural, kultural, dan natural serta memperkuat kapasitas mereka dalam menuntut hak-hak ekonomi mereka lainnya.

TUJUAN:
Memfasilitasi kaum perempuan yang terpinggirkan secara ekonomi dan politik yang bermukim di pedesaan dan perkotaan dalam mengembangkan berbagai mata pencaharian berkelanjutan serta mengadvokasi kebijakan publik di bidang hak-hak ekonomi kaum perempuan.

PROGRAM:
1. Bekerja Sama dengan Masyarakat Sipil, Dunia Usaha, dan Pemerintah untuk Menghapus Kemiskinan Struktural Kaum Perempuan

2. Bekerja Sama dengan Lembaga-lembaga Masyarakat Adat dan Kekeratonan untuk Menghapus Kemiskinan Kultural Kaum Perempuan

3. Bekerja Sama dengan Lembaga-lembaga Konservasi Keanekaragaman Hayati untuk Menghapus Kemiskinan Natural Kaum Perempuan

4. Meningkatkan Kapasitas Kelompok-kelompok Perempuan dalam Mengadvokasi Kebijakan Publik Terkait Hak-hak Ekonomi Kaum Perempuan
 


KEGIATAN KAMI SELAMA INI:
1. Tahun 2016 hingga 2017: kami bekerja sama dengan 11 Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam mengembangkan berbagai mata pencaharian berkelanjutan bagi 30 perempuan lulusan perguruan tinggi di Pulau Jawa dan Sulawesi yang telah bertahun-tahun menganggur akibat kesulitan lapangan kerja.

2. Tahun 2017 hingga 2018: kami bekerja sama dengan sejumlah lembaga masyarakat adat dan kekeratonan (antara lain Yayasan Raja Tiworo, Yayasan Sama, dan Yayasan Kekeratonan Indonesia) dalam mengembangkan berbagai mata pencaharian bagi lebih 100 anggota berbagai masyarakat adat dan kekeratonan di Pulau Jawa dan Sulawesi.

3. Tahun 2017 hingga 2018: kami bekerja sama dengan ornop-ornop konservasi keanekaragaman hayati terutama Lembaga Bangun Rakyat Sejahtera (BRS) di Pulau Jawa dan Persatuan Perempuan Sama (PPS) di Pulau Sulawesi dalam mengembangkan berbagai mata pencaharian berkelanjutan bagi ratusan perempuan yang menderita akibat kemiskinan natural.

4. Tahun 2018 hingga 2019: kami meningkatkan kapasitas 60 tokoh perempuan dari berbagai pedesaan dan perkotaan di Indonesia Timur dan Indonesia Barat di bidang advokasi kebijakan hak-hak ekonomi kaum perempuan.

5. Tahun 2018 hingga saat ini: kami memfasilitasi 60 tokoh perempuan dari berbagai pedesaan dan perkotaan di Indonesia Timur dan Indonesia Barat tersebut dalam menyusun saran-saran kebijakan di bidang hak-hak ekonomi kaum perempuan yang disampaikan secara reguler kepada para pembuat kebijakan terkait.

PARA PENERIMA MANFAAT:
Kelompok-kelompok sasaran utama kami adalah kaum perempuan marjinal secara ekonomi dan politik yang bermukim di perkotaan dan pedesaan serta kelompok-kelompok perempuan lainnya yang terkait secara langsung dengan mereka.

SUMBER PENDANAAN:
Sumber-sumber pendanaan kami terutama adalah:

1. Penjualan jasa profesional kami di bidang pengembangan masyarakat serta pemberdayaan perempuan kepada instansi-instansi pemerintah, dunia usaha, dan organisasi-organisasi nonpemerintah lainnya.

2. Sumbangan dari unit-unit usaha berkelanjutan binaan kami yang telah sukses.

3. Sumbangan yang tidak mengikat dari para pendiri dan simpatisan organisasi kami, termasuk dari kalangan korporasi, baik secara kelembagaan maupun perorangan.

4. Usaha-usaha lainnya yang sah.

5. Bantuan dana dari lembaga-lembaga donor di dalam negeri. Saat ini kami sedang berupaya untuk mendapat bantuan dana dari lembaga-lembaga donor di luar negeri.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

Updated: January 7, 2019